27 Oct 2014

Sunnah Saat Bangun Tidur




Dalam Islam, semua hal bisa menjadi ibadah. Tentu apabila kita niatkan kepada Allah SWT. Taukah kalian jika tidur itu membuat badan lebih segar, membuat pikiran lebih fresh, dan juga tidur merupakan ibadah. Imam Al Ghazali di dalam kitab 'Ihya Ulumuddin' telah berkata : "Hendaklah seseorang tidak meninggalkan tidur di siang hari karena tidurnya membantu ibadah di malah hari sebagaimana sahur membantu puasa di siang hari. Sebaik baiknya ialah bangun sebeum gelincir matahari untuk sholat dzuhur"

Bangun tidurpun bisa menjadi pahala, karena ada beberapa hal yang telah dicontohkan oleh Rasulallah kepada kira untuk kita tiru.

1. Mengusap wajah dengan tangan agar hilang rasa kantuk
"Saat Rasulallah shallallahu 'alaihi wasallam bangun dari tidur, beliau duduk dan mengusan wajahnya dengan tangannya untuk menghilangkan rasa kantuk." (HR. Imam Muslim)

2. Mengucapkan do'a
"Segala puji bagi Allah yang telah menghidupkan kamu setelah mematikan kamu dan hanya kepadaNya kamu kembali" (HR. Al-Bukhari)

3. Bersiwak
"Apabila bangun dari tidur di malam hari, Rasulallah shallallahu alaihi wasallam menggosok gigi dengan siwak" (HR. Bukhari Muslim)

4. Mendenguskan angin dari lubang hidung
Rasulallah shallallahu alaihi wasallam bersabda: "Apabila salah seorang diantara kalian bangun tidur, hendaknya ia mendenguskan angin melalui lubang hidungnya sebanyak 3 kali. Karena syaitan biasanya mendekam di lubang hidung" (HR. Muttafaq ' Alaih)

5. Membasuh kedua tangan sebanyak 3 kali
Rasulallah shallallahu alaihi wasallam bersabda: "Apabila salah seorang diantara kalian bangun tidur, jangan langsung mencelupkan tangnannya kedalam bejana wudhu sebelum membasuhnya 3 kali " (HR. Bukhari Muslim)

Demikianlah sunnah sunnah yang dapat kita lakukan saat bangun tidur. semoga bermanfaat
sumber : http://www.islampos.com/sunnah-sunnah-saat-bangun-dari-tidur-63964/

0 Comment:

Post a Comment