11 Nov 2014

6 Hal yang Disyariatkan Ketika Istri Hamil


Haii bagi kalian yang sudah berkeluarga, dan mempunyai istri yang sedang hamil, yang mau hamil atau yang ingin hamil, ada 6 hal yang penting yang dianjurkan dalam Islam


1. Suami dan isteri harus menjaga kewajibannya sebagai muslim dengan melakukan ketaatan dan menjauhi maksiat. Sebab siapa yang istiqamah dalam takwa pasti akan diberi kemudahan dan jalan keluar oleh Allah (QS ath-Thalaq: 2 dan 4).

2.  Hendaknya suami dan isteri di samping melaksanakan shalat lima waktu, juga memperbanyak ibadah sunnah, membaca Alquran dan berzikir. (QS al-Baqarah: 152).

3. Hendaknya suami dan isteri banyak berdoa kepada Allah agar diberi kemudahan dan kelancaran dalam proses kehamilan, melahirkan, penyusuan, dan pendidikan anak (QS Ghafir: 60).

4. Suami harus memahami dan memaklumi kondisi isteri yang secara psikologis dan fisik mengalami sedikit perubahan sehingga harus sabar menyertainya, membantunya, memberikan motivasi kepadanya, serta tidak membebaninya dengan hal-hal yang memberatkan baginya. Pasalnya, Allah saja memberikan berbagai keringanan kepada wanita hamil, seperti boleh tidak berpuasa

5. Sebaliknya, isteri harus tetap berusaha memberikan khidmah dan pelayanan kepada suami sesuai dengan kemampuan; tanpa harus memaksakan diri.

6. Isteri dengan dibantu suami hendaknya menjaga kondisi diri dan janinnya dengan memerhatikan asupan nutrisinya, waktu istirahatnya, serta menghindari aktivitas yang akan membahayakan diri dan janinnya.  Rasul saw bersabda, "Tidak boleh melakukan sesuatu yang membahayakan diri dan orang lain."

sumber : http://www.islamedia.co/2014/11/inilah-6-hal-yang-disyariatkan-ketika.html 

2 comments: