18 Jun 2014

7 Efek Samping Kopi Bagi Wanita


Menurut studi, konsumsi kafein yang terlalu banyak memberi efek samping yang berbahaya bagi kesehatan wanita. Hal ini dijelaskan oleh Dr. Bryce Wylde, direktur P3 Health. Berikut adalah 7 efek samping kopi bagi wanita. 

1.      Osteoporosis
Sebagian besar manusia yang menderita osteoporosis adalah wanita, dan umumnya area yang terganggu adalah tulang punggung, pergelangan tangan dan kaki, serta pinggang. Peningkatan asupan kafein dapat menyebabkan kehilangan kalsium di dalam tubuh dan mempengaruhi massa tulang.

2.      PMS
PMS begitu mengganggu dan menyebabkan mood naik turun tidak karuan? Perbanyak asupan air putih untuk membuat sistem metabolisme tubuh tetap berjalan baik. Karena kafein menyebabkan dehidrasi sehingga Anda akan merasa resah, mudah terpancing emosi dan tidak nyaman menjelang datangnya menstruasi.

3.      Tidak Produktif
Konsumsi kafein berlebihan dapat mempengaruhi kondisi alat reproduksi wanita, yang menyebabkan penyakit pada tuba falopi dan endometriosis. Penyakit tersebut kemudian memicu ketidaksuburan pada wanita sehingga wanita jadi susah hamil. Dokter sendiri menyarankan apabila ingin hamil, sebaiknya wanita menghindari asupan kafein.

4.      Gastritis
Gastritis adalah kondisi di mana ada peradangan di dalam perut. Penyebabnya beragam, namun kondisinya diperparah dengan asupan kafein yang bisa diperoleh dari kopi hitam, green tea, soft drinks, cokelat atau makanan yang meningkatkan asam di dalam lambung.

5.      Depresi
Selain nyeri, kembung, kram, dan sakit kepala juga sering dikeluhkan oleh kaum hawa. Bisa jadi PMS tersebut dipicu oleh konsumsi kafein berlebihan. Sebab kafein sifatnya menurunkan kandungan vitamin B dan mengganggu metabolisme.

6.       Ukuran Buah Dada Mengecil
Berdasarkan penelitian, sebagian besar wanita memiliki gen tertentu yang membuat jaringan lemak menyusut akibat terlalu banyak minum kopi (tiga cangkir per hari atau lebih).  Akibatnya, payudara mereka akan cenderung kendur dan mengecil. 

7.     Masalah Kehamilan
Kafein dan nikotin bisa menjadi beracun jika dikonsumsi berlebihan selama hamil. Setidaknya, ibu hamil pun mengonsumsi dua cangkir kopi sehari saja. Jika diminum berlebihan, ibu berisiko melahirkan bayi prematur, keguguran, dan berbagai komplikasi yang membahayakan.

sumber : merdeka.com / vemale.com / detik.com

3 comments:

  1. baik kalo dikonsumsi seperlunya

    ReplyDelete
  2. I think your blog is good and if you want a nicer please update your blog so that readers who read your story more content to the content of your blog
    domino qiu qiu

    ReplyDelete