20 Jul 2012

Sejarah JAVA

Apa kabar kawan? Semoga sehat selalu..

Dalam kesempatan ini dan juga menjelang bulan suci Ramadhan saya ingin berbagi dan memberi sedikit informasi tentang sejarah dari bahasa pemrograman yaitu.....

Oke langsung aja ke TKP...





Bahasa pemrograman JAVA terlahir dari The Green Project yang dimotori oleh 13 programmer dari Sun Microsystem dan diantaranya:

James Gosling

Mike Sherdian

Patrick Naughton

Bill Joy

Proyek ini dikerjakan selama 18 bulan yang dimulai dari awal tahun 1991 hingga musim panas tahun 1992 yang berlangsung di gedung perkantoran Sand Hill Road di Menlo Park yang menghasilkan bahasa pemrograman JAVA serta sebuah maskot yang dibuat oleh Joe Palrang yaitu:

Maskot DUKE

Pada saat itu nama bahasa pemrograman ini diberi nama OAK. Mengapa? Karena Pak Gosling terinspirasi oleh pohon  OAK yang berdiri di depan kantornya.


Pohon OAK

Oak, pertama kali ditujukan untuk pengendali sebuah peralatan dengan teknologi layar sentuh / touchscreen seperti pada PDA (Personal Digital Assistant) saat ini. Dan teknologi ini diberi nama *7 (Star Seven).

Setelah era Star Seven selesai, sebuah perusahaan baru tertarik untuk merekrut beberapa orang dari The Green Project. Perusahaan baru ini bertambah maju dan juga jumlah karyawan mereka meningkat dalam waktu yang singkat. Sehingga internet menjadi media untuk menjembatani ide, gagasan dan kerja antar karyawan.

Mereka menggunakan perambah (browser) Mosaic sebagai landasan awal untuk membuat perambah Java yang pertama dengan nama Web Runner yang terinspirasi dari film 

"Blade Runner"

Yang kemudian namanya diubah menjadi Hot Java saat perkembangan rilis yang pertama.

Sekitar bulan Maret 1995, untuk pertama kali source code Java versi 1.0a2 dibuka. Sayang kesuksesan mereka ternodai dengan adanya perpecahan di badan perusahaan pada suatu hari di sebuah ruangan Hotel Sheraton Palace. Perpecahan itu terjadi karena tiga dari pimpinan utama proyek, Eric Schmidt, George Paolini dan Marc Andreessen memutuskan untuk keluar dari proyek dan membentuk Netscape.

Nama Oak tidak digunakan untuk versi release Java, karena perangkat lunak lain sudah menggunakan nama ini. Sehingga dipilihlah nama JAVA untuk menggantikan nama Oak. Nama ini diambil dari nama kopi  tubruk kesukaan Pak Gosling. Konon kopi ini berasal dari Pulau Jawa...

Java telah mengakomodasi hampir seluruh fitur penting bahasa – bahasa pemrograman yang ada semenjak perkembangan komputasi modern manusia :
  1. Dari SIMULA, bahasa pada tahun 65-an, bahasa yang paling mempengaruhi Java sekaligus C++. Dari bahasa ini diadopsi bentukan – bentukan dasar dari pemrograman berorientasi objek.
  2. Dari LISP – bahasa tahun 55-an. Diadopsi fasilitas garbage collection, serta kemampuan untuk meniru generic list processing, meski fasilitas ini jarang yang memanfaatkannya.
  3. Dari Algol – bahasa pada tahun 60-an, diambil struktur kendali yang dimilikinya.
  4. Dari C++, diadopsi sintaks, sebagian semantiks dan exception handling
  5. Dari bahasa Ada, diambil strongly type, dan exception handling.
  6. Dari Objective C, diambil fasilitas interface.
  7. Dari bahasa SmallTalk, diambil pendekatan single-root class hiƩrarchie, dimana objek adalah satu kesatuan hirarki pewarisan
  8. Dari bahasa Eiffel, fasilitas assertion yang mulai diterapkan di sebagian JDK 1.4



Sumber:

0 Comment:

Post a Comment